Entah apakan anda mengerti maksud dari judul diatas.Kalau belum saya terlebih dahulu akan menjelaskan kepada anda.

Pop window itu adalah window yang terbuka diatas window utama.misalnya anda berada dalam sebuah halaman website dan ketika anda meng klik sebuah tombol yang kemuadian membukan window baru diatas window halaman website tadi. Sedangkan istilah Dragable artinya Pop window tersebut dapat di drag atau di pindah- pindah posisinya.Mudah – mudahan anda mengerti dengan penjelasan saya.

langkah 1 dalam kesempatan kali ini seperti biasa anda dapat memulai dengan membuka flash dan membuat Flash Document baru.

langkah 2

membuat button

membuat button


buatlah sebuah button. anda memulai dengan membuat kotak kecil (merah) kemudian klik kanan pada kotak tersebut dan pilih menu “convert to symbol” kemudian tandai pilihan button dan tekan ok.Masukkan perintah dengan cara klik kanan pada kotak dan pilih menu “action” maka akan terbuka tab action, dan masukkan perintah berikut :
on (release) {
_root.windowku.gotoAndStop (2);
}

langkah 3

membuat kotak window

membuat kotak window


buat layer baru kemudian buat kotak yang lebih besar dari kotak pertama yang nantinya akan menjadi window baru yang muncul ketika kita mengklik tombol yang telah kita buat tadi. Kemudia klik kanan kotak tersebut dan polih menu “convert to symbol” dan tandai “movie clip”.Buat instance name untuk kotak ini ketik nama “windowku”.kotak instance name terdapat dibawah di dalam tab properties.

langkah 4

membuat button close

membuat button close


double klik kotak besar atau kotak window yang baru saja kita buat.Nah sekarang anda berada dalam timeline symbol kotak window tadi.Disini anda buat satu layer baru lagi untuk kita buat sebuat button yang nantinya berfungsi untuk menutup pop window.cara membuat button sama seperti langkah pertama.yakni buat kotak kecil (merah) posisinya berada di sudut atas sebelah kiri dari kotak window.Klik kanan kotak tersebut dan pilih menu “convert to symbol” dan tandai button dan klik ok.

Masukkan perintah Script pada button dengan cara mengklik kiri kotak (merah) setelah itu klik tab actions yang berada dibawah kertas kerja kita atau klik kanan kotak button (merah) kemudian pilih menu action.

Masukan script :
on (release) {gotoAndStop(1);

}

langkah 5

mambuat action stop

mambuat action stop


sekarang anda perhatikan time line diatas.pastinya anda melihat ada 2 layer di situ.layer pertama berisi kotak besar (biru) dan layer 2 berisi kotak kecil (merah).nah yang perlu anda lakukan adalah menggeser kedua keyframe ke kolom frame ke 2 jadi kolom frame pertama akan kosong atau biasa disebut blank keyframe.Setelah itu anda isi perintah “stop” pada blank keyframe kotak biru atau kotak merah (salah satu saja).

langkah 6

membuat button dragable

membuat button dragable


berikut kita membuat layer baru kemudian buatlah kotak kuning yang berbentuk persegi.Setelah itu klik kanan kotak tersebut dan pilih menu “convert to symbol” dan tandai button dan klik ok.kemudian klik kanan lagi pada kotak tersebut dan pilih menu action makan akan terbuka tab action lalu anda masukkan script berikut :
on (press) {
_root.windowku.startDrag();
}
on (release) {stopDrag();
}

selesai! silahkan mem-publish hasil kerja anda.caranya klik menu utama (diatas) control dan klik test movie atau anda dalap lakukan dengan menekan tombol CTRL+ENTER.

semoga berhasil!semoga bermanfaat!