sejauh pengalaman saya mengerjakan berbagai project web dengan format flash, saya pastilah menemukan kendalan yang merupakan momok bagi semua web developer website dengan format full flash.
Permasalahan yang paling sering dialami antara lain :
1. ukuran file flash yang besar sehingga membutuhkan waktu yang lama untuk membuka website.
2. Search engine kesulitan dalam mengetahui konten dari website yang bersangkutan.

kira – kira permasalahan inilah yang utamanya membuat orang berfikir 2x untuk membangun websitenya dengan format full flash.
Oleh karena itu berikut saya coba menyajikan tips dan tricks untuk mengatasi permasalah diatas :
1. hindari penggunaan image yang memiliki ukuran file relatif besar (ex:lebih dari 100kb).Jika terpaksa membutuhkan ukuran file sebesar itu maka saya sarankan menggunakan teknik streaming atau sederhananya menggunakan component LOADER yang terdapat dalam macromedia flash. Dengan begitu website hanya akan memunculkan gambar tersebut jika halaman yang dituju memang menampilkan gambar tersebut.
2. jika website memang memuat halaman yang banyak maka sebaiknnya setiap halaman dipublish dengan terpisah (file swfnya berbeda di tiap halaman).Jadi website hanya akan mendownload halaman yang ditampilkan saja.
3. agar Search engine dapat lebih mudah menemukan deskripsi atau konten dari website atau tiap halaman dari website kita maka anda dapat memasukkan metatag (meta description) ditiap file HTML dari tiap file swf halaman website anda.

demikian terima kasih